Handphone Membuat Lemot Otak

Berbagai penelitian tentang kemungkinan dampak negatif yang ditimbulkan karena pemakaian telepon selular terus dilakukan. Hasilnya, sejauh ini, masih pro dan kontra. Sebab, belum ada sebuah penelitian yang sangat komprehensif yang bisa mengungkapkan dampak apa saja yang bisa timbul akibat pemakaian handphone.

Salah satu penelitian terbaru tentang dampak negatif ponsel baru-baru ini dilakukan oleh sejumlah peneliti dari Australia, Inggris, dan Belanda dan dipublikasikan di International Journal of Neuroscience. Dalam rilis yang dimuat di jurnal itu dikatakan bahwa penggunaan handphone bisa mempengaruhi fungsi kerja otak manusia. Salah satu dampak negatifnya adalah melemahnya daya kerja otak atau istilah anak muda sekarang yakni lemot (lemah otak).

Penelitian ini melibatkan setidaknya 300 orang yang diteliti dalam jangka waktu yang cukup panjang, yakni 2,4 tahun. Responden tersebut dibagi dalam tiga kategori, yakni 100 orang yang menggunakan ponsel rutin, 100 orang tidak menggunakan ponsel dan 100 orang lagi hanya kadang-kadang menggunakan ponsel. Kemudian, dalam kurun waktu tersebut, beberapa kali ke-300 responden itu diukur perbedaan aktivitas otaknya dengan metode quantitive electroencephalographic (EEG). Hal lain yang diteliti adalah fungsi neuropsikologi seperti perhatian, memori, fungsi pelaksana dan kepribadian. Hasilnya, pengguna handphone yang rutin menunjukkan aktivitas otaknya melemah. Meski begitu, menurut Brainclinics Diagnostics, salah satu pihak yang ikut dalam riset ini, dampaknya bagi kesehatan secara menyeluruh belum terungkap secara detail.

Ke depan, peneliti yang merupakan gabungan antara Brainclinics Diagnostics dan Radbound University asal Belanda, Institute of Psychiatry di London serta The Brain Resource Co. Ltd. Sydney akan meningkatkan jumlah responden yang dilibatkan. Bahkan, dalam jangka panjang, mereka menargetkan akan mencari 17.000 orang untuk dilibatkan dalam penelitian lebih lanjut. Dengan begitu, penelitian ini akan lebih akurat hasilnya.

Advertisements

37 comments on “Handphone Membuat Lemot Otak

  1. saia seorang pelajar sma yg sedang mmbuat karya ilmiah mengenai handphone .

    bisa tlg bantu carikan asal mula handphone , tujuan handphone , dampaknya serta solusi .?

    trima kasih

  2. saYA pelajar SMP yang ingin boeat KIR tntg Handphone. Saya mo cari apa sajakah dampak, solusi, mengapa smua siswa sangat suka pada Handphone.

    Trima kasih Atas perhatiannya.
    (tolong dibalas)

  3. Halo Mas Nibru.
    Rencana buat Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) itu sangat bagus sekali.
    Saran saya mas Nibru cari referensi pengalaman didunia tentang penggunaan HP ini. Coba cari di website WHO

  4. saia seorang mahasiswa lg bikin karya tulis ilmiah tentang Dampak Penggunaan Handphone bagi Perilaku Remaja nh..
    bs tlng bantu cariin referensinya gag??
    terima kasih..

  5. halo…
    saya pelajar yang lagi nyari sumber-sumber damapak buruk dari teknology nie,,, buat argument penguat di lomba debat bahasa ingris saya,,, bisa tolong bantu saya

    terima kasih….!

  6. low , saya kbetulan lgi dapet tugas membuat kliping, tntang dampak globalisasi nh .. tolong bantuin dunk dampak2nya apa aj ??

    yah, sperti dmpak2nya jka mnggunakan hp, d’kalangan masa kini ..

    terimakasih ..

  7. .qo mao tanya, ,
    .kenapa c hape itu selalu negativ dipandang orang. .
    .pasti apa2 gara2 hp. .
    .pelajar bodoh pasti gara2 hp. .
    .kasi tau dundh kenapa bisa geto. .

  8. Kunjungin Blog Quw Psti Lebih bGus dr puNya anDa!!!!!!

    dijamin puAs….!!!!1

    g’ ad Gunanya km bwad kyak gtwan!!!!!

    udh g’ jaman!!!

  9. tentang halaman ini, sngat mmbantu sy krna sy mngerjakan krya ilmiah rmaja yang bertemakan hp,,
    trimaksih anda tlah mmpermudh pkrjaan sy,,,

  10. q dapat tugas tentang pengaruh globalisasi terhadap budaya komunikasi

    q mencari tentang dmpak2 dari handphone..
    anda bsa mmbantu saya mencari??

    trim’s

  11. bisa tolong jelaskan sejauh mana dampak negatifyang kini paling mencolok.dan tolong beri tahu solusinya terima kasih.

  12. artikel anda bagus,dan sekarang saya sdang mncari ide atw wacana untuk mnulis artikel ttg kriminalisasi handphone d majalah kampus,maukah anda mmbagi informasi ttg kriminalitas lewat handphone sbagai referensi saya.thx bntuannya

  13. Pingback: DAMPAK HP BAGI PELAJAR « Dephy1993's Blog

  14. Assalamu’alaikum,.

    Saya kurang suka dengan artikel ini,. untuk apa anda menginformasikan informasi yg belum jelas seperti itu kebenarannya?? Dan apakah anda sendiri bisa jika tidak menggunakan HP?? jelas pasti jawaban anda tidak!! Padahal anda sudah tahu dampaknya, bukan?

    Lalu jika itu benar,. maka anda termasuk orang yg lebih lemot ketimbang kami yg menggunakan HP namun tidak mengerti dampaknya.,

    kalau saya pribadi, HP itu bisa menjadi teman terdekat yg siap menolong kita kapan saja! Karna sudah banyak ia membantu saya disaat saya tidak tahu menjadi tahu, contoh’a melalui internet saja! Ilmu yg sudah saya pelajari terakhir kali adalah mengenai cara rutin shalat tahajud,. dan Insya Allah saya merasa lebih baik! Bukan menjadi Lemot,.. yg mungkin seperti Anda!!

    Hahahahaha,.. maaf, sekian dan terima kasih!
    Wassalam,

  15. Pingback: Dampak Handphone Bagi Pelajar « Danisapta Blog

  16. Pingback: Dangerous

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s