RFID (Radio Frequency Identification)

RFID (Radio Frequency Identification) adalah sebuah metode identifikasi dengan menggunakan sarana yang disebut label RFID atau transponder untuk menyimpan dan mengambil data jarak jauh. Label atau kartu RFID adalah sebuah benda yang bisa dipasang atau dimasukkan di dalam sebuah produk, hewan atau bahkan manusia dengan tujuan untuk identifikasi menggunakan gelombang radio. Label RFID terdiri atas mikrochip silikon dan antena. Label yang pasif tidak membutuhkan sumber tenaga, sedangkan label yang aktif membutuhkan sumber tenaga untuk dapat berfungsi.

RFID ini sudah digunakan untuk:
RFID di Supermarket, Scanning otomatis seluruh produk belanja, jadi para pembeli tidak perlu menunggu kasir melakukan scanning satu persatu produk pembelian dimesin barcode, hanya dengan melewati satu pintu scanning maka seluruh produk belanjaan akan terhitung secara cepat dengan sekali scanning.

RFID di Pusat Logistik, fasilitas ini digunakan untuk melacak perakitan dan pengiriman kamera Canon dan komponen sebelum kamera-kamera tersebut dikirim ke pengecer. Jika sistem RFID beroperasi sebagaimana yang diharapkan, maka akan memberikan perusahaan tingkat visibilitas yang lebih tinggi dalam hal perakitan setiap produk (perakitan melibatkan penambahan aksesori tambahan dan kartu garansi untuk setiap item), serta jaminan bahwa hanya produk yang benar yang dikemas dan dikirim.

RFID Untuk Melacak Peralatan Lab, alat ini digunakan untuk melacak keberadaan peralatan laboratorium, dimana alat-alat lab yang sudah sangat banyak akan kesulitan dalam hal identifikasi keberadaan barang.

RFID Untuk Keaslian Sertifikasi, jadi alat ini juga bisa dipasang didalam sertifikat, kartu kelulusan, ataupun piagam, yang diperuntukkan bagi universitas, dewan pendidikan, sekolah dan perguruan tinggi.

Advertisements
By Agus Simatupang Posted in IT

3 comments on “RFID (Radio Frequency Identification)

  1. Salam kenal pak. sy Patrisius tinggal di semarang. Postingannya mantap pak. kebetulan sy sedang mengerjakan Tesis tentang Pengembangan RFID. Sy ingin sekali belajar dari bapak. semoga tidak keberatan ya pak. GBU

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s