TIP MERAWAT NOTEBOOK

1. LAYAR / MONITOR    monitor

Bahan dari monitor biasanya mengandung lapisan micro fiber yang lembut dan lapisan kaca, debu dan bekas tangan biasanya nempel disitu, bersihkan layer dalam keadaan Mati atau tidak terkoneksi dgn listrik supaya layar LCD itu tidak mengandung aliran listrik, Cara membersihakannya, disapu lembut dengan menggunakan tisu/kain halus dikombinasikan dgn air atau cleaning liquid (biasanya dijual dgn kain khususnya).

2. BATERAI   baterai

Notebook biasanya menggunakan baterai jenis Lithium, sama seperti baterai HP, usahakan jangan discharge jika posisi notebook dalam keadaan hidup. Jika charge baterai dalam keadaan hidup, biasanya menyebabkan panas yang berlebih (overheating) pada baterai tersebut, sehingga menyebabkan korosi. Jadi ketahanan baterai tersebut setiap hari persentasenya semakin berkurang.

Dan juga usahakan pakai baterai yang kompatibel dgn notebook tersebut. Untuk memperpanjang umurnya, usahakan discharge dalam keadaan mati. Kalau waktunya tidak ada, colokkan saja powernya sampai indikator baterai sdh hampir penuh, cabut lg baterainya.Mamfaatkan waktu istirahat kantor 1 jam tsb untukt reload baterainya. Dan waktu luang lain. Dan hindari dari tempat terbuka yang panas, tempat parkis yg panas, basah / apalagi kena air. Jika ketahanan baterainya sudah tidak maksimal lagi, charger bisa dilakukan sambil notebook nyala, kalau indikator baterai menandakan sudah hampir penuh, cabut saja colokan chargernya. 🙂

3. CHARGER / ADAPTOR     adaptor

Adaptor ini biasanya terbuat dari lempeng tembaga, arus listrik yang mengalir dari ujung kabel adaptop biasanya menghasilkan panas yang menyebabkan kabel disepanjang adaptop itu memuai, Jika kita melilit kabel tersebut terlalu keras nanti menyebabkan serat kabel dibagian dalam putus. Jadi usahakan tidak dililit pada adaptor, tetapi diluar adaptor sehingga kabel itu tidak “tertarik”. Dan juga usahakan pakai charger yang kompatibel dgn notebook tersebut.

4. KEYBOARD     key

Didalam cleaning kit biasanya sudah dilengkapi dengan kuas untuk membersihkan keyboard. Bersihkan disetiap sela-sela keyboard, anda juga bisa pakai sikat gigi yang ujungnya halus. Atau bisa menggunakan kuas cat. Tapi jangan di cat ya 🙂

5. HARDISK    HD

Data adalah segalanya dari notebook ini, hindari penggunaan laptop pada tempat-tempat yang mudah bergerak, seperti dimobil bergerak, tempat tidur, sofa dll. Karena getaran tersbut menyebabkan Head hardisk yang terbuat dari besi dapat merusak lempengan hardisk. Kalau sudah begitu hardisk jadi Bad Sector dan paling parah Rusak total. Dan usahakan pemakaian notebook tidak lebih dari 8 jam /hari. 

6. BODY / CASING   body      plastic

Casing hal yang paling susah untuk dijaga dari goresan, dan ada juga yang sudah antigores, biar tidak lecet/tergores bisa diminimalisir dengan cara memberikan pelapis plastic. Biasanya jadi jelek kelihatannya, tapi ada kok sekarang yang menjual lapisan plastic dengan gambar-gambar wallpaper yang indah. Dan casing biasanya dibersihkan dengan cairan liquid, banyak kok dijual di toko-toko computer

Oleh : Agus Simatupang

Advertisements

28 comments on “TIP MERAWAT NOTEBOOK

  1. Nice article,.. saya punya laptop. semenjak pertama saya memiliki laptop batterynya bisa sampe 4 jam, setelah 4 bulan, battery saya itu sekarang cuman bisa 2.5 jam saja.. ya kalau di charge dalam kondisi mati gimana mau bisa bekerja…?

  2. Kalau Charge baterai, usahakan dalam keadaan notebook mati, tapi kalau tidak ada waktu luang, di colok saja powernya, kalau sudah hampir penuh cabut lagi adaptor listriknya. Begitu lebih baik.
    Karena panas yang dihasilkan oleh listrik itulah yg menyebabkan baterai itu cepat korosi.
    kira-kira begitulah.

  3. Kok pemakaian cuma dibatasi 8 jam per hari?? saya sering pake lebih lama dari itu. Apakah cepat rusak begitu? Apa sarannya? Notebook saya NEC Versa.

  4. Mbak Bheta, Setiap mesin itu ada kemampuan maksimal bekerja dalam sehari. Kalau NEC Versa dan seri Notebook yang lain bentuknya sangat tipis, jadi ruangan udara didalam casing notebok itu tidak seluas seperti yang ada di PC.
    Karena ruang udara yang kecil ini maka panas yang dihasilkan pun akan menjalar lebih cepat. Jika kita terlalu lama memakai notebook maka umur dari notebook itu juga akan menjadi lebih singkat.
    Saran saya, mbak beli “Colling Pad”/tatakan pendingin untuk notebook. Harga sekitar 65-75rb. Selamat mencoba ya.

  5. ass….
    pa saya baru punya notebook 4 bulan tp sudah kena virus dan selalu nghang..
    mohon bantuan :
    1.komputer saya harus diformat ulang.
    2.kan saya membuuhkan waktu lama dalam menggunakan komputer jadi setiap abis baterai sambil d charge.tp kl uda penuh slalu di cabut.kl ga gitu ga apa2?
    3.Benar ga layar LCD itu ga boleh di sentuh?
    Mohon balasan k email saya .
    sebelum dan sesudahnya makasih.

  6. Mbak RIni.
    1. Kalau kena virus, tidak harus di format ulang, lebih baik pake aplikasi Removal antivirus. Sebelumnya ciri2 infeksinya bagaimana? lalu cari antivirusnya atau update antivirusnya, bisa via internet.

    2. Biasanya kita pakai 8 jam sehari, jika baterainya sudah menandakan “Low Battery” atau Standby, colok saja. Tunggu sampai 1 jam, cabut lagi, biasanya sdh lumayan penuh.

    3. LCD itu mengandung lapisan micro fiber, jadi ada aliran listriknya dan tangan kita biasanya ada aliran listrik dan itu tidak terlalu besar, jika kita bersentuhan dengan LCD maka akan terjadi pertemuan medan listrik, besar kecilnya pasti berpengaruh buruk bagi LCD tsb.

  7. makasih pa atas jawabannya.
    1.o’ya ciri2nya kl buka program lama.Di drive ada folder yang warnanya beda dengan folder lain tp pas d scan d drive D itu tidak ada virus.Anti virus yang bagus apa?
    4.tapi ga apa2 kl lagi dipake sambil dcass?
    3.Berapa sehaarusnya membersihkan LCD notebook?
    mohon jawabanya lg pa….

  8. 1. Kalau folder yg kena virus, salah satunya warna tulisan folder akan berubah, untuk scan virus, tentunya antivirusnya harus diupdate, memang agak klise, tp itu jawaban mutlak.
    Kalau kita tau ciri2 virus itu menginfeksi, kita bisa download Removalnya.

    2. Klu dipakai sambil di Cas itu nggak apa2, tapi kalau indikatornya sdh menunjukkan warna hijau, berarti sdh bisa di cabut colokan adaptornya.

    3. Seharusnya itu sih relatif, kalau bisa setiap minggu sekali dibersihkan dari debu atau kotoran yg menempel, apalagi jamur2 kecil yg disebabkan oleh dinginnya AC.

    Mudah2an membantu

  9. Notebook biasanya menggunakan baterai jenis Lithium, sama seperti baterai HP, usahakan jangan discharge jika posisi notebook dalam keadaan hidup. Jika charge baterai dalam keadaan hidup, biasanya menyebabkan panas yang berlebih (overheating) pada baterai tersebut, sehingga menyebabkan korosi. Jadi ketahanan baterai tersebut setiap hari persentasenya semakin berkurang.

    yg di mksd charger gmn ? apa menggunakan notebook sambil di tancapkan di listrik merupakan proses charger ? pdhl saya sering skali sperti itu. apg ketika di rmh.. psti slalu itu yg saya lakukan. menggunakan laptop dg menancapkanya pada listrik. apa yg saya lakukan itu salah ? ? trim’s 🙂

  10. Yap. Proses Charger ini termasuk dalam keadaan laptop tsb hidup dan mati.
    Nah, kalau kita charge dalam keadaan hidup, seperti alur dibawah ini :
    Listrik –> Baterai –> Laptop
    Sebenarnya Listrik itu akan selalu mengisi Baterai, lalu daya baterai ini akan digunakan oleh laptop tsb.
    Listrik akan selalu memberikan asupan kedalam batarai, klu seperti ini, baterai akan bekerja lebih besar, akibatnya adalah Panas didalam baterai tsb. Karena Panas itu.
    Baterai akan menyebabkan korosi pada baterai tsb. Pada awalnya kemampuan penyimpanan baterai itu 100%, krn Panas itu, setiap harinya akan berkurang kemampuan menyimpan daya beberapa persen.
    Misalkan saja stiap bln berkurang 10%, selama 10 bln baterai pasti soak alias tidak bisa lagi menyimpan daya listrik.

  11. Terima kasih Pak untuk infonya.

    Saya terkadang melepas baterai dan langsung mengambil power dari adaptor jika waktu recharge-nya ‘nanggung’. Alhamdulillah setelah 1,5tahun, baterai baru berkurang 5%.

    semoga bermanfaat.

  12. kata orang pake toshiba tablet R 10 itu ribet n ringkih alias gampang retak. Beneran g tuch? soalnya aku baru mau ambil secondnya tecra R10 dengan harga 4.3jt…kondisi si msh bagus tp jd takut kalo2 monitornya rusak n mahal buat benerinnya.
    suggest me please…

  13. Setahu saya Toshiba tablet R10 itu memang agak ringkih di layarnya dan biasanya kena di Inverter LCD nya.
    Tapi masih lebih baiklah dibandingkan daripada laptop2 merek cina sekarang.
    Kenapa nggak sekalian cari laptop yang tidak tablet, terkadang fungsi tablet nya sendiri tidak terpakai. Hanya saran saja.
    Selamat mencoba.

  14. Saya mau nanya nie
    saya baru beli notebook Toshiba
    tp baterainya tu hanya tahan +2,5 jam!
    padahal notebook tmn saya ada yang tahan sampai 4 jam!
    itu gimana Pak!
    Thanx

  15. Boleh tahu Toshiba seri berapa?
    Pada intinya, pemakaian baterai laptop itu bisa berbeda-beda, kalau sama2 dibuat standby, mungkin bisa sampai 4 jam lebih.
    Kalau mengerjakan office sambil jalankan/dengarkan Winamp akan menghabiskan daya yang besar juga.
    Apalagi kalau kita menggunakan CD Rom untuk membaca CD. Itu lebih cepat lagi habis baterainya.

    Kalau tipe nya sama, dengan pekerjaan yang sama biasanya Toshiba itu hanya tahan sampai max 3 jam kecuali portege dengan daya baterai besar.

  16. Hii Mas Agus..saya dari Solo..saya pernah baca artikel di salah satu toko laptop terkenal di Solo..katanya kalo untuk laptop seri baru bisa di carge sambil dihidupkan karena sudah punya sistem otomatis tertentu jadi lebih safety buat laptop..terus kalo sering di carge ketika batere di bawah 80% akan membuat kemampuan batere berkurang jadi lebih baik jika memakai laptop baru dalam waktu yang lama maka sebaikknya di carge terus sehingga umurnya lebih lama..
    nah pa tu benar ya mas..?wah takutnya malah laptop saya rusak..?
    Thx b4 m.Agus…

    Jawab
    Untuk Laptop baru usahakan di charge sampai full pada waktu pertama membeli laptop tersebut.
    pada waktu charge sambil menggunakan laptop, usahakan di charge ketika baterai sudah 10% baru dicharge kembali sampai lampu indikator hijau atau hampir penuh lalu cabut lagi chargernya.

  17. salam kenal pak agus, saya punya laptop compaq presario v3660 dan menggunakan OS xp pack 2
    tapi yang jadi masalah kalo memyalakan musik dengan menggunakan handsfree suara di speakernya nyala juga pak padahal seharusnya mati…

  18. masss nich ada konsumen saya yang lagi stress dengan laptop acer 4740 nya saat di charge dia cuman mampu charge saat hidup sampai 75 persen tidak nyampe 100 persen, kenapa itu ya… apanya yang rusak

  19. mas om………………
    saya boleh kga copy paste isi blognya…..
    tpi tenang aku akan ikut sertakan sumbernya ???
    boleh kaga om
    ???????????????????????????????????????????????????????????

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s