Amerika Kini Berhak Sadap 1/3 Telekomunikasi di Dunia

Jakarta, Dengan peraturan baru Protect America Act 2007, lembaga US National Security Agency (NSA) sekarang secara sah bisa mengawasi seluruh lalu lintas telepon yang berasal, melalui atau berakhir di Amerika Serikat (AS) tanpa harus menunggu perintah dari pengadilan.

Berdasarkan analisis telekomunikasi, setidaknya 35 persen lalu lintas telekomunikasi suara maupun non suara dunia mempunyai rute yang berpusat di AS. Berarti, hampir sepertiga lalu lintas telekomunikasi dunia bisa disadap Amerika Serikat.

Protect America Act 2007 yang baru saja ditandantangani lembaga legislatif ini merupakan amademen Foreign Intelligence Surveillance Act (FISA) yang dibuat tahun 1978.

Undang-undang ini semula menjadi perdebatan hangat di DPR AS. Anggota sayap kanan cenderung mendukung amandemen ini sementara perwakilan dari sayap kiri menolaknya dengan alasan akan menghalangi kemerdekaan rakyat sipil.

“Dalam waktu 30 tahun sejak kongres membuat FISA, teknologi komunikasi telah berubah secara dramatis. Intelijen pun harus mendapatkan informasi yang diperlukan untuk melawan teroris. Karena itu, modernisasi FISA diperlukan,” ungkap anggota Kongres Lamar Smith yang mewakili Texas.

“Peraturan ini melangkah terlalu jauh. Hal ini memungkinkan penyadapan telekomunikasi setiap orang, setiap tempat, setiap waktu tanpa tinjauan pengadilan, tanpa checks dan balances. Hal ini jelas menggangu privasi,” argumen anggota kongres dari California, Zoe Lofgren yang menentang peraturan ini.

Namun, undang undang ini diloloskan dengan dukungan 44 suara. Sementara, sebanyak 23 anggota tidak memberikan suara atau abstain.

“Saya kira, di luar perdebatan tentang hak sipil dan peperangan, faktanya kita memang sedang perang (lawan teroris-red). Pesan peraturan ini adalah bahwa jika ada orang asing yang mendeklarasikan perang terhadap negara ini, kita bisa mendengarnya langsuang dalam telekomunikasi mereka,” demikian dukungan dari anggota Kongres lain, Louie Gohmert seperti dikutip detikINET dari ITNews, Selasa (14/7/2007).

Advertisements
By Agus Simatupang Posted in IT

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s