iPhone Tak Akan Pernah Aman?

iPhone (apple.com)

California, Ponsel keluaran Apple, iPhone disinyalir takkan pernah benar-benar aman. Pasalnya ponsel dari Apple itu dinilai jauh lebih hebat dibanding ponsel biasa.

Menurut pakar enkripsi (penyandian-red) yang juga mantan pekerja Apple, Philip Dunkelberger, ponsel iPhone adalah gadget yang terlalu canggih. “Terdapat banyak isu-isu keamanan iPhone, karena iPhone sebenarnya bukanlah sekedar ponsel,” sebut Philip yang juga presiden perusahaan enskripsi PGP.

Selain itu, daya komputasi iPhone dinilai sangat bagus sehingga hampir mustahil untuk melindunginya secara maksimal. Ini seperti halnya komputer yang akan selalu memiliki celah keamanan.

“Bahkan, dari sudut pandang pecinta Teknologi Infomasi (TI), iPhone ini bisa disebut sebagai sebuah komputer Linux dengan fitur komunikasi,” tambahnya seperti dikutip detikINET dari ITNews, Kamis (19/7/2007).

Dunkelberger setuju pada pendapat bahwa pekerja TI di Apple harus berkonsentrasi mencari cara melindungi data dalam iPhone daripada mencoba menghadang semua celah keamanan.

Dia menambahkan bahwa pihak-pihak tak bertanggungjawab akan berusaha memanfaatkan celah pada iPhone untuk kepentingan mereka. Misalnya, untuk menghubungi nomor premium dan menagihkan biayanya pada pemilik iPhone.

Sejauh ini, ponsel iPhone memang telah menjadi target beberapa serangan. Contohnya, proses aktivasi iPhone berhasil dibobol, sebuah perusahaan keamanan menjumpai masalah pada software pemutar nomor telepon, dan ada yang mengklaim berhasil ‘membebaskan’ iPhone dari jaringan AT&T.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s