Merubah Keyboard Map untuk Windows XP/2000

– Penulis: Hendro Subagyo
Bagi sebagian orang — terutama dari kalangan unix-er — letak tombol keyboard komputer desktop tidak familier. Misalnya, mereka lebih terbiasa dengan keyboard dengan tombol Left-Control terletak di sebelah kiri tombol A dan tombol Caps-Lock terletak di bawah tombol Left-Shift. Sedangkan keyboard komputer desktop pada umumnya memiliki konfigurasi posisi tombol yang berlawanan. Bagi sebagian besar programmer dan pengguna komputer, letak tombol keyboard yang tidak familier tersebut akan mengurangi produktifitas mereka. Apalagi kalau mereka menggunakan editor program yang banyak menggunakanan fasilitas tombol control, maka ‘kebiasaan’ sangat menentukan. Artikel ini membahas bagaimana cara merubah mapping keyboard Windows XP/2000

Scan Code Mapper untuk Windows 2000 dan XP
Scan Code Mapper menyediakan sebuah metode untuk pemetaan scan code. Peta scan code untuk Windows tersimpan di registry-key sebagai berikut:

HKEY_LOCAL_MACHINE \ SYSTEM \ CurrentControlSet \ Control \ Keyboard Layout
PENTING: Di sana juga ada sebuah key Keyboard Layouts (dengan ‘Layouts’, jamak) di bawah Control, tetapi kita tidak perlu merubahnya.

Di dalam Keyboard Layout itu, kita perlu menambahkan sebuah nilai bertipe REG_BINARY dan memiliki format data sebagai berikut:
Offset (byte) Panjang (byte) Data
0 4 Header: Informasi ttg versi
4 4 Header: Flag
8 4 Header: Jumlah mapping
12 4 Informasi mapping (lebih dari satu sesuai dengan jumlah yang ditentukan oleh header Jumlah (offset 8).
4 byte terakhir 4 Null terminator (0x00000000)

Data DWORD pertama dan kedua menyimpan informasi header dan harus di set ke zero untuk Scan Code Mapper versi ini. Data DWORD ketiga menentukan total jumlah mapping yang mengikutinya termasuk null terminator. Sehingga jumlah minimum data ketiga ini adalah 1 (bilamana tidak ada mapping sama sekali). Masing-masing mapping mengikuti data ketiga ini. Masing-masing mapping berupa sebuah data yang panjangnya DWORD yang terbagi dalam 2 field WORD. Masing-masing field menyimpan data tombol yang dipetakan.

Setelah data mapping tersimpan, kita perlu mereboot komputer agar perubahan tersebut memiliki efek.

Berikut ini sebuah contoh klasik, yaitu mapping untuk menukar tombol Caps-Lock dan Left-Control. Gunakan sebuah registry editor (umumnya regedt32.exe atau regedit.exe) untuk memodifikasi registry-key yang disebutkan di atas. Simpan data sebagai berikut ke dalam Scancode Map key:

00000000 00000000 03000000 3A001D00 1D003A00 00000000
Penting untuk diingat bahwa entri yang disimpan dalam registry key selalu dalam format little-endian. Berikut ini adalah tabel yang terdiri dari entri-entri yang terbagi dalam beberapa DWORD field dan keterangannya.
Nilai Keterangan
0x00000000 Header: Nomor versi. Semua diset zero
0x00000000 Header: Flag. Semua diset zero
0x00000003 Ada tiga entri dalam map (termasuk null terminator)
0x001D003A Tombol Left CTRL (0x1D) –> CAPS LOCK (0x3A)
0x003A001D Tombol CAPS LOCK (0x3A) –> Left Control (0x1D)
0x00000000 Null Terminator.

Referensi
Scan Code Mapper for Windows
Swapping Caps-Lock and Control on Windows

Advertisements

9 comments on “Merubah Keyboard Map untuk Windows XP/2000

  1. saya ada masalah dengan keyboard saya,apakah mungkin keyboard bisa dirubah tombol nya dari setingan yang biasa(misalkan:tombol (.) ketika di klik yang keluar adalah symbol (¥.) plus seperti kita menklik kiri pada mouse,bagaimana cara merubaghnya. Saya baca tulisan diatas (Berikut ini sebuah contoh klasik, yaitu mapping untuk menukar tombol Caps-Lock dan Left-Control. Gunakan sebuah registry editor (umumnya regedt32.exe atau regedit.exe) untuk memodifikasi registry-key yang disebutkan di atas. Simpan data sebagai berikut ke dalam Scancode Map key)<<<< sepertinya keyboard saya ada yang merubahnya…
    Mohon tangganpannya.

    Terima Kasih

  2. maaf ada tambahan ….
    walaupun keyboard saya di pasang di komputer yang lain pun tetap seperti itu, apakah keyboard (biasa) bisa menyimpan memori. Padahal setahu saya di keyboard tidak ada symbol ¥,yang ada di menu insert>>symbol itu pun kita harus membuka Mic.Word terlebih dahulu

  3. Mas anon, apakah pernah terkena air? Klu sdh dicoba di PC lain, berarti keyboardnya ada masalah.
    Coba saja buka keyboardnya, lap/bersihkan permukaan plat plastiknya dengan kain halus. Mudah-mudahan bisa. Klu nggak bisa juga ya ganti baru.

  4. Mas..mo nanya nih,tombol keyboard di laptop aq ada 1 yg tertukar,yaitu tmbol (@) tertukar ke tmbol (“)gmana mas mengembalikanya(default)laptop aq lenovo g410

  5. mas, kalau merubah settingan keyboard laptop dari jepang dengan os japun di install ulang ke os english setingan keyboarnya jadi banyak yang ngaco….
    cara ngerubahnya supaya bisa sesui dengan tulisan tolbolnya caranya gimana y?

  6. saya punya masalah dengan pc saya. keyboad saya yang angka bagian atas huruf itu nggak berfungsi. dan sudah saya nganti dengan keyboard baru tapi masalanya sama juga seperti itu. apakah anda punya solusinya? trimakasih.

  7. slm knl smua…
    sy ada mslh dgn keyboard laptop sy, laptop type lenovo 3000 G530..sy bl second d jepang, tp ketika sy instal ulang windows yg standard ternyata posisi tombol keyboard berbeda dgn keyboard, mgkin karena sy beli laptop jepang. question :
    1. apa windows standar(US language) bs ttp dpakai d kmptr jepang??
    2. klo bs mohon informasinya, bagaimana merubah setting keyboard ke layout keyboard jepang..??
    3. sy jg ada mslh dgn wifi, driver wifi sdh diinstal tp ketika akan dpake, ada dialog box klo hardware radio masih off, gmn settingnya
    thnx bantuannya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s